Perawatan Anak

6 Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh Untuk Si Kecil

Morinaga Platinum - 16 Desember 2022

Tahukah Bunda, Si Kecil lebih rentan terserang penyakit dibandingkan orang dewasa. Oleh karena itu, diperlukan sistem imun yang kuat sehingga Si Kecil tetap sehat. Beberapa jenis minuman seperti air kelapa, jus bit, teh hijau, dan lainnya ternyata bisa menjadi penambah daya tahan tubuh Si Kecil, lho Bun. Berikut rekomendasi minuman yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil agar tumbuh sehat dan kuat. Baca penjelasannya, yuk.

   1. Air Kunyit

Kunyit memiliki berbagai manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil serta melawan radikal bebas. Meskipun kunyit tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak, namun manfaat kesehatannya terletak pada mikro nutrien dan fitonutrien yang berupa zat besi, mangan, mineral, dan serat. Selain itu, kunyit termasuk dalam kurkumin, yaitu fitokimia alami yang dapat meredakan peradangan, memenuhi kebutuhan antioksidan, mengatur gula darah, meningkatkan fungsi sel, serta mendukung kesehatan pencernaan dan otak.

Si Kecil yang telah berusia di atas satu tahun dapat mengonsumsi kunyit dalam bentuk minuman. Air kunyit dapat disajikan dengan menambahkan irisan kunyit dalam air hangat. Jika diperlukan, Bunda dapat menambahkan sedikit gula.

    2. Air Kelapa

Minuman penambah daya tahan tubuh berikutnya yaitu air kelapa. Air kelapa kaya akan nutrisi dan vitamin, seperti riboflavin, niacin, thiamin dan pyridoxine, serta folates. Selain itu, air kelapa juga memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil. Manfaat air kelapa lainnya antara lain:

  1. Air kelapa rendah kalori, bebas kolesterol, dan kaya potasium.
  2. Air kelapa secara alami bersifat steril, sehingga Bunda dan Si Kecil dapat mengonsumsinya langsung tanpa proses tambahan.
  3. Air kelapa kaya akan serat, sehingga baik untuk sistem pencernaan Si Kecil.
  4. Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat mengembalikan garam mineral yang hilang dari tubuh Si Kecil ketika terkena diare.

Bunda dapat menyajikan air kelapa segar kepada Si Kecil yang telah berusia di atas 1 tahun. Bunda tidak perlu menambahkan pemanis tambahan untuk menjaga efektivitas air kelapa sebagai minuman yang sehat. Selain air kelapa bagus untuk Si Kecil, air kelapa juga mempunyai banyak manfaat untuk Ibu hamil simak artikel berikut yuk bun: 13 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Nutrisinya

     3. Jus Bit

Buah bit dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil karena kandungan antioksidannya. Selain itu, buah bit juga mengandung mineral dan vitamin seperti zat besi, kalsium, magnesium, potassium, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, dan vitamin E yang baik untuk kesehatan Si Kecil.

Bunda dapat menyajikan buah bit dalam bentuk jus yang akan disukai Si Kecil. Bunda tidak disarankan menambahkan pemanis tambahan untuk menjaga efektivitas jus bit sebagai minuman kesehatan. Bunda juga bisa menambahkan buah-buahan lain untuk menambah cita rasa jus bit, seperti wortel, apel, dan air perasan melon.

     4. Teh Hijau

Selain baik untuk mencegah flu, teh hijau juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil. Teh hijau kaya antioksidan untuk mencegah timbulnya penyakit pada Si Kecil, seperti mencegah ruam, meningkatkan pembentukan tulang yang kuat dan sehat, serta memastikan Si Kecil tumbuh dengan sehat.

Bunda dapat memberikan seduhan teh hijau pada Si Kecil setiap pagi. Teh hijau direkomendasikan diminum Si Kecil yang berusia 4-6 tahun dengan jumlah takaran maksimum 45 mg/hari atau setengah gelas. Setelah Si Kecil berusia 10-12 tahun, Bunda dapat memberikan segelas teh hijau atau 236 ml setiap harinya.

Bunda tetap harus memperhatikan apakah Si Kecil menunjukkan gejala reaksi terhadap konsumsi teh hijau. Jika Si Kecil mengalami iritabilitas, hiperaktif, insomnia, atau ketidakmampuan berkonsentrasi setelah minum teh hijau, maka Bunda disarankan untuk menghentikan pemberian teh hijau. Bunda juga bisa berkonsultasi pada layanan kesehatan.

     5. Jus Stroberi

Stroberi adalah sumber vitamin C dan sumber serat yang baik. Satu gelas jus stroberi mengandung sekitar 180% dari Nilai Harian vitamin C yang direkomendasikan untuk anak-anak usia 13 tahun ke bawah.

Anak-anak membutuhkan vitamin C untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh, dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Satu gelas jus stroberi juga menyediakan 3,3 gram serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil.

Stroberi juga mengandung antioksidan, termasuk anthocyanin, yang memberi stroberi warna merah cerah. Anthocyanin berfungsi membantu mengurangi risiko penyakit kronis pada Si Kecil.

Selain dibuat jus, Bunda juga bisa kreasikan buah storberi jadi camilan sehat seperti puding. Yuk, coba resepnya di sini: Resep Puding Busa Stroberi Lembut & Enak.

     6. Susu

Susu sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil. Hal ini disebabkan susu merupakan sumber protein, mengandung berbagai mineral, multivitamin, serta kaya akan AA dan DHA, zat besi, dan serat pangan inulin yang menjadikannya lebih bernutrisi. Jika Bunda ingin mengetahui apa saja manfaat susu bagi Si Kecil, baca artikel berikut ya: Susu Anak, Nutrisi Penunjang Tumbuh Kembang Si Kecil

Susu Morinaga bisa menjadi pilihan yang tepat loh, Bun. Kini formulasinya telah disempurnakan dengan Probiotik Triple Bifidus dan Prebiotik GOS yang penting untuk memastikan Pertahanan Tubuh Ganda Si Kecil.

Bunda, penuhi juga kebutuhan vitamin harian anak karena itu juga berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak. Vitamin C membantu melindungi sel-sel dari kerusakan dan meningkatkan produksi sel darah putih. Sumber-sumber vitamin C termasuk jeruk, stroberi, dan sayuran berwarna cerah. 

Vitamin D juga mendukung sistem kekebalan tubuh. Sumber vitamin D untuk anak dapat ditemukan dalam sinar matahari serta makanan seperti ikan berlemak, kuning telur, serta susu pertumbuhan. 

Sedangkan, vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan jaringan dan membran mukosa yang melindungi tubuh dari infeksi dan dapat ditemukan dalam sayuran berwarna oranye seperti wortel dan labu. 

Maka dari itu, Bunda harus pastikan memberi anak makanan tinggi vitamin dan susu yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Bila daya tahan tubuh anak kuat, maka dia tidak mudah terserang penyakit. 

Itulah beberapa minuman penambah daya tahan tubuh yang bisa Bunda berikan kepada Si Kecil. Mulai sekarang, lebih rutin memberikan minuman sehat dan bernutrisi seperti yang telah disebutkan ya Bunda. Untuk susu, ketahui manfaat Morinaga ChilGo untuk kekuatan daya tahan tubuh anak di sini: Morinaga ChilGo! Dukung Daya Tahan Fisik Anak. Cari tahu lebih lanjut, yuk.

Lihat Artikel Lainnya