Nutrisi Tepat

Vitamin untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Morinaga Platinum - 18 Juli 2023

Dalam masa pertumbuhan, Si Kecil memerlukan vitamin yang tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, agar ia tidak sampai jatuh sakit. Vitamin ini tidak harus berupa suplemen khusus, tetapi dapat Bunda peroleh dari makanan sehari-hari selama Bunda mengetahui persis vitamin apa yang diperlukan Si Kecil. Yuk, simak apa saja vitaminnya di sini.

Vitamin A

Vitamin A memiliki peran penting dalam menjaga sistem imun Si Kecil. Vitamin ini mencegah infeksi dengan cara bekerja pada saluran cerna agar mikroba penyebab infeksi tidak dapat memasuki tubuh. Proses ini dilakukan dengan memperkuat lapisan dinding mulut dan usus, agar bakteri tidak mampu merusak dinding tersebut dan berkembang biak di sana.

Vitamin A juga berperan dalam organ sumsum tulang Si Kecil. Di sini, vitamin ini membantu sumsum tulang untuk dapat beregenerasi agar dapat menjalankan fungsinya. Jika vitamin A berkurang, sumsum tulang menghasilkan lebih banyak sel yang dapat menimbulkan penyakit leukemia yang dapat mengancam ketahanan tubuh Si Kecil.

Vitamin D

Vitamin D penting bagi daya tahan tubuh, karena vitamin ini mengatur tubuh untuk dapat melawan infeksi. Setiap kali muncul mikroba berupa virus atau bakteri, vitamin D akan mengirim sinyal bagi tubuh untuk melawan mikroba tersebut.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di National Library of Medicine, anak-anak di Asia Selatan, Timur Tengah, atau bahkan Amerika Utara yang mengalami infeksi saluran nafas, ternyata mengalami perbaikan setelah diberikan suplemen vitamin D.

Pada anak-anak yang berbakat mengalami penyakit peradangan tertentu, misalnya alergi atau penyakit autoimun, vitamin D dapat menolong mereka. Ini dikarenakan vitamin D dapat mengatur supaya tubuh tidak terlalu banyak mengeluarkan sel peradangan yang dapat menyebabkan gejala penyakit tersebut.

Apakah Bunda merasa Si Kecil telah memperoleh vitamin ini dengan cukup? Untuk mengetahuinya, coba simak gejala kekurangan vitamin D di sini ya, Bun: Ketahui Yuk Gejala Kekurangan Vitamin pada Anak.

Vitamin C

Vitamin C juga sangat signifikan untuk meningkatkan Ketahanan Tubuh Ganda Si Kecil.

Sama seperti vitamin A, vitamin C ini juga bekerja pada berbagai organ, terutama pada dindingnya, untuk melindungi organ tersebut agar tidak mudah dihinggapi oleh mikroba. Dengan demikian, mikroba tersebut tidak akan sampai menginfeksi Si Kecil.

Selain itu, vitamin C juga meningkatkan daya tahan tubuhnya dengan bertindak sebagai antioksidan. Dengan fungsi ini, vitamin C melapisi organ-organ menggunakan zat-zat khusus yang mampu melawan stres oksidatif. Maka organ akan terlindungi dari kerusakan dan tetap berfungsi sebagaimana mestinya. 

Bunda, vitamin C memiliki banyak manfaat lain selain meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya saja, vitamin ini ternyata membantu Si Kecil menjadi lebih cerdas, dan juga membuat giginya menjadi lebih kuat. Bagaimana bisa demikian? Mari simak penjelasannya pada halaman berikut ini: 9 Manfaat Vitamin C untuk Tumbuh Kembang Anak.

Referensi: 

National Library of Medicine. Role of Vitamin A in the Immune System. Diakses 2 Juli 2024. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6162863/

National Library of Medicine. Vitamin D and Immunity in Infants and Children. Diakses 2 Juli 2024. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7282029/

National Library of Medicine. Vitamin C and Immune Function. Diakses 2 Juli 2024. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5707683/.

Lihat Artikel Lainnya