Perawatan Anak

Cara Menyapih Anak dengan Cinta dan Kasih Sayang

Morinaga Platinum - 19 Juli 2023

Menyapih anak adalah suatu proses yang penting dan seringkali menjadi tantangan bagi para orang tua. Proses ini memerlukan kesabaran dan pemahaman yang baik tentang kesiapan anak. Artikel ini akan membantu Anda memahami cara menyapih anak dengan cinta dan kasih sayang, serta memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat terkait proses menyapih.

Memahami Proses Menyapih

Menyapih adalah proses menghentikan pemberian ASI kepada anak. Menurut rekomendasi dari WHO dan Kementerian Kesehatan RI, pemberian ASI eksklusif sebaiknya dilakukan saat anak berusia 0 hingga 6 bulan dan dianjurkan untuk dilanjutkan hingga 24 bulan dengan didampingi makanan pendamping ASI (MPASI). Meski proses menyusui bisa dilanjutkan selama ibu dan anak sama-sama menginginkan, tentu ada masa di mana proses menyapih perlu dilakukan.

Cara Menyapih Anak dengan Kasih

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyapih anak dengan cinta dan kasih sayang, antara lain:

1. Jalin Komunikasi

Komunikasi adalah kunci dalam proses menyapih. Berikan pengertian kepada anak bahwa saat ia sudah semakin besar, maka tidak lagi baik bila terus menyusu. Tunjukkan bahwa meski tidak lagi menyusu, kasih sayang dan perhatian Anda tidak akan berkurang.

2. Kurangi Frekuensi Menyusu Perlahan

Setelah memberikan pengertian tentang masa menyapih, Anda bisa secara perlahan mengurangi frekuensi menyusui. Mulailah dengan menghilangkan sesi menyusui yang paling tidak penting bagi anak dan gantikan dengan makanan atau minuman lain.

3. Alihkan Perhatian Anak

Selama masa menyapih, cobalah untuk mengalihkan perhatian anak dengan menawarkan hal-hal yang disukainya, seperti camilan, permainan, atau aktivitas lainnya.

Lama masa menyusu merupakan keputusan Bunda dan Si Kecil. Bunda mungkin akan dihadapkan dengan kebiasaan ataupun pendapat dari orang-orang sekitar terkait masa menyusu serta proses menyapih. Namun, Bunda bisa mengingatkan kepada mereka bahwa keputusan untuk menyapih adalah sepenuhnya hak Bunda dan Si Kecil. Karena itu, cara menyapih anak juga jangan dilakukan dengan menggunakan paksaan atau cara yang terbilang cukup kasar. Selain menyapih anak dengan cinta, Bund juga bisa menyapih dengan menggunakan cara tradisional. Apabila Si kecil susah makan, ada juga beberapa trik yang bisa Bunda gunakan. Cek triknya dalam artikel berikut yuk: Menyapih Anak Agar Tidak Rewel

Menyapih Anak yang Susah Makan

Jika anak Anda susah makan selama proses menyapih, ada beberapa trik yang bisa Anda coba. Anda bisa mencoba memberikan makanan favoritnya atau mencoba berbagai resep baru yang menarik dan lezat.

Proses menyapih memang bukan hal yang mudah, tetapi dengan cinta dan kasih sayang, Anda bisa membantu anak melewati proses ini dengan lebih mudah. Ingatlah bahwa setiap anak berbeda, jadi apa yang berhasil untuk satu anak mungkin tidak akan berhasil untuk yang lain. Yang terpenting adalah Anda tetap sabar dan selalu mendukung anak selama proses ini.

Lihat Artikel Lainnya