Artikel Terbaru Artikel Terbaru

Sayuran Tinggi Protein untuk Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil

Morinaga Platinum ♦ 29 Desember 2023

Sayuran Tinggi Protein untuk Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil

Tak hanya kaya serat dan vitamin, sayuran juga kaya protein, Bun. Sayuran tinggi protein umumnya berwarna hijau dan memiliki berbagai manfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil seperti membentuk sel dan jaringan tubuh, sumber energi, menguatkan tulang dan otot, bahkan berperan penting dalam pembentukan sistem imun agar Si Kecil tak mudah sakit. 

Untuk memahami lebih jauh tentang manfaat protein dan sayuran yang bisa Bunda berikan kepada Si Kecil, baca artikel ini sampai habis, yuk. 

Manfaat Protein Nabati untuk Kesehatan Si Kecil 

Protein yang terdapat dalam sayuran biasa disebut protein nabati. Nutrisi ini memiliki berbagai manfaat penting bagi tumbuh kembang Si Kecil, sebagai berikut:

  • Membangun dan menjaga kesehatan otot tulang.
  • Menjaga struktur tubuh.
  • Membantu meregenerasi sel tubuh.
  • Memperbarui sel darah.
  • Menguatkan jaringan kulit.
  • Membentuk dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Si Kecil agar tidak mudah sakit.
  • Sumber energi.

Sayuran Tinggi Protein untuk Si Kecil

Berikut ini rekomendasi sayuran yang dapat Bunda tambahkan ke dalam menu harian Si Kecil, seperti:

Bayam

Sayuran bayam kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Menurut United States Department of Agriculture, satu cangkir bayam matang mengandung 6 g protein dengan 45-50 kalori. 

Selain itu, bayam kaya akan antioksidan berupa vitamin A, C, dan K, serta mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Brokoli

Sayuran ini mengandung protein lebih tinggi dibanding sayuran lainnya. Mengutip dari situs Health, setiap batang brokoli mengandung nutrisi ini sebanyak 4 g. 

Tidak hanya itu, brokoli juga mengandung asam folat, kalsium, magnesium, selenium, vitamin C dan K. 

Jagung Manis

Jagung manis merupakan salah satu jenis sayuran bergizi yang ramah bagi Si Kecil. Dikutip dari USDA, satu cangkir sayur ini mengandung 4-5 g protein.      

Jagung manis juga mengandung serat yang tinggi, sehingga bagus untuk kesehatan cerna Si Kecil. 

Kentang

Tahukah Bunda, selain kaya karbohidrat, kentang juga kaya protein, loh. Melansir dari USDA, secangkir kentang rebus mengandung protein sebanyak 3 g. Sementara jika memanggang kentang hingga matang, USDA menilai kandungan nutrisi tersebut meningkat menjadi 4 g. 

Kacang Panjang

Mengutip dari situs USDA, dalam setiap 100 gram kacang panjang mentah, rebus atau kukus mengandung 3 g protein. Menurut Medicalnewstoday, sayuran ini tinggi akan kandungan asam amino atau bahan penyusun protein.     

Kacang Polong

Kacang polong merupakan sumber protein nabati terbaik. Menurut USDA, secangkir kacang polong mengandung protein sebanyak 8 g. Memberikan sayur ini pada Si kecil dapat meningkatkan kekuatan otot dan kesehatan tulang. 

Tips Memberikan Sayuran Untuk Si Kecil

Membangun kebiasaan mengonsumsi sayuran memang tidak mudah. Si Kecil seringkali tidak menyukai rasa, tekstur, dan bentuk sayur yang tidak menarik. Untuk mengatasinya, Bunda bisa menerapkan tips berikut ini agar Si Kecil doyan makan sayuran, seperti:

  • Bunda dapat mencampur sayuran tersebut pada makanan kesukaan Si Kecil. Misalnya, mengolah kentang rebus menjadi mashed potato dengan menambahkan keju yang disukainya. 
  • Menambahkan brokoli, bayam, kacang polong, dan kacang panjang sebagai hiasan steak. 
  • Merebus atau membakar jagung sebagai snack saat bersantai.
  • Menyajikan sayuran kukus dengan saus kesukaan Si Kecil, seperti mayones. 

Selain memberikan aneka sayuran, Bunda juga dapat memenuhi kebutuhan Si Kecil melalui susu. Untuk membantu Bunda memilih susu yang tepat, baca artikel berikut, yuk: Susu Tinggi Protein untuk Tumbuh Kembang Anak

 

Referensi:

  • Health. 12 High-Protein Vegetables To Add to Your Diet. Diakses 19 Desember 2023. https://www.health.com/high-protein-vegetables-755119
  • Eatingwell. 10 High-Protein Vegetables. Diakses 19 Desember 2023. https://www.eatingwell.com/article/7827684/high-protein-vegetables/
  • Medicalnewstoday. 9 health benefits of beans. Diakses 19 Desember 2023. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320192
  • USDA. Nutrients. Diakses pada 19 Desember 2023. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/170419/nutrients
  • USDA. Spinach, Fresh, Cooked, No Added Fat. Diakses 22 Desember 2023. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1103137/nutrients
  • Health. Health Benefits of Broccoli. Diakses 22 Desember 2023. https://www.health.com/food/health-benefits-broccoli
  • USDA. Potato, Boiled, NFS. Diakses 22 Desember 2023. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1102882/nutrients
  • USDA. Corn, Sweet, Yellow, Raw. Diakses 22 Desember 2023. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169998/nutrients
  • USDA. Potatoes, White, Flesh And Skin, Baked. Diakses 22 Desember 2023. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/170434/nutrients