Gizi & Nutrisi Gizi & Nutrisi

Ternyata Ini Makanan yang Membuat Si Kecil Tinggi

Morinaga Platinum ♦ 5 September 2023

Ternyata Ini Makanan yang Membuat Si Kecil Tinggi

Dengan mengatur pola makan yang mengandung beragam nutrisi, potensi Si Kecil untuk menambah tinggi badannya dapat meningkat loh, Bun. Oleh karena itu, yuk, coba sajikan makanan yang membuat tinggi badan Si Kecil bertambah, seperti contoh berikut ini.

Daging Ayam

Daging unggas yang satu ini cukup sering dikonsumsi oleh anak-anak. Makanan ini sering sekali menjadi favorit santapan Si Kecil.

Di dalamnya, terkandung protein yang mampu membentuk jaringan-jaringan tubuh, termasuk tulang dan otot. Jika ada jaringan yang rusak, maka protein ini juga mampu memperbaikinya. Fungsi protein bukan hanya itu saja, masih banyak peran penting lainnya yang baik untuk mendukung perkembangan Si Kecil. Penjelasan lengkapnya, yuk baca: Manfaat protein untuk otak anak.

Selain itu, di dalamnya juga terkandung vitamin B12 serta taurin untuk mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Bunda bisa mengkreasikan daging ayam menjadi bola-bola ayam yang dicampur dengan berbagai macam sayur atau juga membuat nugget ayam rumahan. Untuk anak dengan usia lebih besar, ayam panggang atau ayam krispi mungkin bisa menjadi pilihan.

Untuk ide mengolah ayam menjadi menu yang istimewa dan mampu menarik minat makan Si Kecil, yuk baca: Resep Makanan untuk Anak 2 Tahun.

Daging Sapi

Dikenal kaya akan zat besi, daging sapi teruji dapat mencegah anemia. Anemia atau sel darah merah rendah dapat memengaruhi pertumbuhan Si Kecil. Mengonsumsi daging sapi yang tinggi protein dan asam amino esensial akan membantu proses pertumbuhan dan regenerasi sel dalam tubuh, sehingga mengoptimalkan tumbuh kembang.

Selain mengonsumsi daging sapi, ada beberapa cara alternatif lainnya yang tepat untuk mengatasi anemia. Solusi selengkapnya, yuk Bun baca: Penyebab anemia dan cara mengatasinya.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga dapat menjadi sumber nutrisi untuk pertumbuhan tulang. Contohnya, seperti pakcoy, kale, bayam, atau kangkung. Sebab, sayur-mayur ini mengandung vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, serta potasium. Vitamin serta mineral ini saling berinteraksi untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil.

Bahkan vitamin K dalam kangkung bisa meningkatkan kepadatan tulang dengan memaksimalkan pengikatan kalsium.

Ada kalanya Si Kecil bosan jika Bunda hanya menyajikan sayur bayam bening saja di meja. Untuk mengakalinya, Bunda dapat mencoba memadukan bayam dengan pasta untuk dijadikan pesto pasta.

Sayuran hijau juga bisa dibuat menjadi hidangan menyegarkan, seperti green smoothies. Coba perpaduan kale, apel dengan daun mint. Contoh lainnya, Bunda dapat mengombinasikan bayam dengan stroberi serta yoghurt. Tentu Si Kecil akan menyukainya, bahkan mungkin minta menambah ketika menyantapnya.

Telur

Bahan yang paling mudah dipadankan dengan menu lainnya ialah telur. Telur dadar, telur mata sapi atau omelet bisa dengan mudah disatukan dengan nasi goreng. Kalau bukan untuk makanan utama, buat camilan dari telur juga bisa, seperti telur gulung atau martabak telur.

Meskipun ukurannya kecil, dalam setiap telur terdapat asam amino serta omega 3. Nutrisi-nutrisi ini juga ikut andil dalam membantu pertumbuhan Si Kecil. Tak hanya itu, telur juga kaya akan vitamin D. Vitamin ini akan membantu penyerapan kalsium, protein serta mikro nutrisi penting lainnya. Semua itu penting untuk kesehatan tulang maupun gigi.

Ikan

Sebagai sumber protein dari laut, ikan juga bisa menjadi alternatif, Bun. Nutrisi dalam setiap jenis ikan selalu berbeda-beda, tetapi secara umum, ikan selalu mengandung protein.

Kelebihan ikan dibanding daging sapi dan ayam adalah mengandung banyak Omega-3. Selain itu, ikan juga jarang mengandung lemak jenuh, sehingga aman dikonsumsi lebih sering.

Memasak ikan bisa dengan berbagai cara seperti dibakar, goreng, kukus atau dijadikan sup. Bunda bisa berkreasi dengan berbagai jenis ikan, seperti sarden, ikan teri besar, kakap, serta gurame.

Buah-buahan

Ternyata, beberapa buah juga dapat meningkatkan tinggi badan. Contohnya, beberapa buah tinggi kalsium, misalnya, jeruk, nanas, aprikot, serta kiwi. Banyak pula buah dengan kandungan tinggi kolagen dan vitamin C, misalnya strawberry atau raspberry.

Kalsium merupakan mineral untuk menumbuhkan tulang. Kolagen meningkatkan kepadatan tulang. Sedangkan vitamin C bekerja membantu tubuh menyerap banyak kalsium.

Dengan banyaknya variasi dan kesegaran rasanya, maka buah menjadi salah satu makanan favorit anak-anak. Sajikan buah potong pada setiap menu makan Si Kecil untuk pelengkapnya. Bunda bisa juga membuat camilan bersama seperti, yoghurt dengan berbagai buah potong atau jus buah.

Susu dan Produk Olahannya

Tingginya kadar kalsium dalam susu membuatnya mampu menambah tinggi badan Si Kecil. Tak cuma itu, kalsium serta fosfor di dalamnya juga ikut menyehatkan tulangnya. Kandungan ini dapat memperbaiki sel-sel tulang yang rusak dan menstimulasi pertumbuhan tulang serta otot.

Selain meminumnya langsung, bisa juga Bunda sajikan produk olahan susu. Keju dan yoghurt bisa dibuat menjadi camilan sehat penuh gizi.

Itulah jenis makanan untuk mengoptimalkan tinggi badan Si Kecil. Bunda dapat memberikan variasi makanan yang kaya nutrisi pada setiap menunya.

Jangan lupa juga ya, untuk melengkapi dengan memberikan susu pertumbuhan setiap harinya. Yuk, simak pilihan susu pertumbuhan kaya nutrisi pada halaman berikut ini: 5 Rekomendasi Susu Pertumbuhan Kaya Nutrisi bagi Si Kecil.