Tumbuh Kembang

Nutrisi dan Stimulasi Untuk Optimalkan Tumbuh Kemban Anak

Morinaga Platinum - 24 Januari 2019

Tumbuh kembang otak sudah dimulai sejak dalam kandungan sampai dengan masa dewasa. Namun, saat Si Kecil dilahirkan hubungan antar saraf di otaknya belum sepenuhnya terhubung. Pembentukan hubungan antar saraf ini adalah proses yang berkembang melalui beragam aktivitas yang dilakukan oleh Si Kecil, misalnya bermain, berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, bernyanyi.

Agar perkembangan otak anak berlangsung optimal, dibutuhkan beberapa hal penting antara lain nutrisi yang bagus, stimulasi tepat, dan aktivitas menyenangkan. Lantas, apa saja sumber nutrisi yang dibutuhkan selama periode perkembangan otak?

Sistem saraf pusat kaya akan turunan dua asam lemak esensial yaitu asam linoleat dan asam alfa-linolenat. Omega-3 seperti asam alfa-linolenat, EPA, dan DHA; serta omega-6 seperti asam linoleat merupakan asam lemak tidak jenuh yang berfungsi sebagai anti-peradangan dan anti-pembekuan di dalam pembuluh darah. Keduanya berperan penting dalam mencegah terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah pada masa yang akan datang. Kekurangan asupan omega-3 akan mengakibatkan gangguan penglihatan dan perilaku belajar.

Omega-3 seperti asam alfa-linolenat banyak terdapat di ikan laut lho, Bunda. Misalnya ikan tuna, salmon, atau ikan cod

Asam ini juga bisa Bunda peroleh di minyak ikan. Ini sebabnya banyak ibu yang ingin anaknya memiliki otak yang cerdas, kemudian membelikan anaknya minyak ikan. Lihat yuk bagaimana minyak ikan membantu kecerdasan otak di artikel berikut: Manfaat Minyak Ikan untuk Kecerdasan Otak Anak 

Tahukah Bunda, bahwa minyak ikan itu sendiri juga dapat menolong Si Kecil supaya tidak sering-sering mengalami gejala asma? Karenanya, ayo baca kerja minyak ikan terhadap gejala asma di halaman ini: Ketahui Yuk, Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Omega-3 seperti asam alfa-linolenat banyak terdapat pada minyak ikan, ikan laut dalam seperti tuna, salmon, dan cod. Omega-3 juga bisa didapatkan dari minyak kanola, minyak kedelai, minyak zaitun dan minyak jagung. Sedangkan omega-6 seperti asam linoleat banyak terdapat dalam minyak nabati, seperti minyak kedelai, minyak jagung, minyak biji bunga matahari, minyak biji kapas dan minyak safflower. Kenali manfaat selengkapnya dari minyak ikan di artikel berikut ini yuk: Manfaat Minyak Ikan untuk Kecerdasan Otak Anak 

Selain nutrisi yang bagus, stimulasi juga berperan penting bagi perkembangan otak Si Kecil. Bunda bisa memaksimalkan stimulasi dengan melakukan beragam aktivitas yang berguna bagi pembentukan emosi, kognitif, fungsi sosial, dan kondisi fisik yang optimal. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa bermain akan mematangkan lobus frontal dari otak, di mana area lobus frontal ini berperan dalam kreativitas, empati, dan fungsi kontrol diri seseorang.

Jadi, jika Bunda ingin tumbuh kembang Si Kecil optimal, berikan ia asupan nutrisi bagus serta stimulasi yang tepat sesuai tahapan usianya.

Lihat Artikel Lainnya