Kecerdasan Multitalenta

Cara Mudah Si Kecil Belajar Warna dan Bentuk

Morinaga Platinum - 26 Juli 2024

Proses Si Kecil dalam belajar warna dan bentuk akan berkembang secara bertahap seiring bertambahnya usia. Hal ini penting karena mengenal warna dan bentuk akan menjadi fondasi belajar Si Kecil dalam hal-hal lainnya di masa mendatang. Yuk, simak apa saja cara agar Si Kecil belajar warna dan bentuk dengan mudah berikut ini.

Perkembangan Belajar Si Kecil

Di usia 1,5-2 tahun, Si Kecil baru mulai mengenali persamaan dan perbedaan bentuk dan warna. Ia akan merespon dengan tepat apabila Bunda menanyakan nama warna pada suatu benda. Pada usia 3-4 tahun, barulah ia mulai benar-benar mengenal dan menyebutkan warna-warna. Si Kecil bisa mengerti bahwa warna hanyalah satu atribut tertentu saja dari sebuah benda, di samping bentuk, berat, dan ukuran.

Namun, Bunda tidak perlu khawatir apabila Si Kecil tidak selalu menunjukkan minat untuk belajar atau tidak mau mendengarkan apa yang sedang Bunda ajarkan. Hal ini terjadi karena mungkin Si Kecil belum bisa menangkap sepenuhnya, tetapi seiring berjalannya waktu, ia akan semakin memahaminya. 

Cara Belajar Mengenal Warna dan Bentuk 

Nah, sebagai panduan, berikut adalah beberapa cara yang dapat Bunda tempuh untuk mengajarkan Si Kecil mengenal warna dan bentuk. 

Mengenal Benda Sekitar

Ajaklah Si Kecil melihat dan mengenal benda-benda di sekelilingnya, misalnya mainan atau benda-benda di taman. Sambil melihat benda-benda tersebut, Bunda dapat menyebutkan bentuk dan warnanya. Bunda harus melafalkan nama benda berdasarkan bentuk dan warnanya dengan intonasi yang jelas, sehingga Si Kecil akan mengetahui perbedaannya dengan baik.

Untuk Si Kecil yang baru berusia 1,5 tahun, Bunda cukup mengajarinya pada proses mengenal warna benda-benda di sekelilingnya. Misalnya bentuk bola berbeda dengan boneka, atau warna bunga berbeda dengan warna daun, dan lainnya.

Bunda, ikuti juga panduan mengajarkan anak dalam mengasah keterampilan lainnya dengan efektif pada artikel berikut ini: Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan bagi Anak. 

Mengamati Persamaan Bentuk dan Warna

Selanjutnya, ajaklah Si Kecil untuk bermain sambil mengamati persamaan bentuk dan warna benda. Bunda dapat memberi Si Kecil bola-bola warna-warni dan memintanya untuk mengelompokkan warna dengan memasukkan bola-bola yang berwarna sama ke dalam keranjang. Bunda juga bisa mengajak Si Kecil ke taman dan meminta Si Kecil untuk menunjuk benda lain yang warnanya sama dengan hijau daun.

Mengenalkan warna pada anak sejak dini memiliki manfaat penting dalam perkembangan mereka. Ini membantu merangsang perkembangan sensorik, memperluas pemahaman tentang dunia di sekitar mereka, dan mengembangkan keterampilan kognitif seperti mengklasifikasikan, mengidentifikasi, dan membandingkan warna. 

Yuk, baca juga informasi selengkapnya tentang manfaat mengajarkan warna-warna pada anak sejak dini di sini: Pentingnya Mengenal Warna pada Anak Usia Dini dan Caranya. 

Ajak Si Kecil Menyebutkan Namanya

Pada tahap berikutnya untuk anak yang berusia 3 tahun, mintalah Si Kecil untuk mulai menyebutkan nama warna dan benda yang dia perhatikan. Misalnya, menyebut bahwa warna batang pohon adalah cokelat. Bunda juga dapat menanyakan warna benda yang sedang Bunda dan Si Kecil lihat di lingkungan sekitar.

Nah, itulah cara mengajarkan Si Kecil mengenal warna dan bentuk. Pengenalan bentuk dan warna pada anak usia dini merupakan proses yang harus dilakukan bertahap dan terus-menerus. Bunda perlu lebih bersabar dan tetap melakukannya dengan penuh kasih sayang. Namun, Bunda tidak perlu selalu mengkhususkan waktu untuk mengajarkan bentuk dan warna pada Si Kecil.

Kapan pun Bunda dapat menyelipkan pengenalan mengenai bentuk dan warna. Misalnya, Bunda mengenalkan warna benda yang sedang dipegang oleh Si Kecil, menanyakan warna baju yang dipakainya, atau menyanyikan lagu yang mengandung bentuk dan warna. Yang pasti, kegiatan tersebut jangan sampai membuat Si Kecil stres, sehingga perlu dilakukan sambil bermain dan dalam kondisi santai. 

Selain itu, pastikan Bunda selalu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil dengan memberikan makanan sehat dan susu. Pilihlah susu yang bisa mendukung tumbuh kembangnya seperti susu pertumbuhan Morinaga Platinum yang AA dan DHA dan Kolin yang bagus untuk perkembangan otak Si Kecil. Cari tahu lebih banyak berikut ini, yuk: Rekomendasi Susu Pertumbuhan Kaya Nutrisi bagi Si Kecil

Referensi:

Lovevery. Colors. Diakses pada 22 Juli 2024. https://lovevery.com/community/blog/skills-stages/colors

Lihat Artikel Lainnya