Nutrisi Tepat

Inilah Cara Meningkatkan Percaya Diri Si Kecil

Morinaga Platinum - 20 September 2024

Tahukah Bunda, memberikan dukungan dan dorongan positif secara konsisten adalah cara meningkatkan kepercayaan diri anak. Anak yang percaya diri biasanya bakal lebih mampu menghadapi risiko dan juga kegagalan secara positif. 

Yuk, simak cara-cara membangun kepercayaan diri Si Kecil sejak dini berikut ini.

Memberikan Pujian Tulus

Pujian yang tulus dan spesifik akan efektif membangun kepercayaan diri Si Kecil. Saat memberikan pujian, fokuskan pada usaha yang telah ia lakukan dan bukan hanya hasil akhirnya. Misalnya, Bunda bisa memuji upaya keras anak dalam menyelesaikan tugas atau tantangan tertentu. Hal ini membantu anak memahami bahwa proses belajar dan kerja keras juga layak dihargai.

Di sisi lain, pujian berlebihan juga tidak dianjurkan karena dapat membuat anak merasa terlalu nyaman atau sombong. Maka, pastikan Bunda memberikan pujian yang sesuai dengan apa yang telah dicapai sehingga Si Kecil tetap terdorong untuk berkembang menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

Memberikan Tanggung Jawab

Tanggung jawab kecil, seperti membantu mengatur meja makan atau merapikan mainan, ternyata dapat menjadi cara efektif untuk membangun rasa percaya diri anak. Tugas ini membuat anak merasa dihargai dan berkontribusi dalam keluarga, sehingga meningkatkan keyakinan Si Kecil terhadap kemampuan dirinya.

Melibatkan anak dalam tanggung jawab yang sesuai dengan usianya juga mengajarkan keterampilan pengambilan keputusan dan menyelesaikan masalah. Dengan demikian, anak belajar untuk menjadi lebih mandiri dan percaya diri dalam menghadapi tantangan sehari-hari.

Mendukung Anak saat Gagal

Kegagalan adalah bagian normal dari proses tumbuh kembang anak. Daripada melihat kegagalan sebagai hal negatif, ajarkan anak untuk memahaminya sebagai kesempatan belajar. Ketika anak mengalami kegagalan, berikan dukungan emosional dan dorongan agar Si Kecil tidak takut mencoba hal baru.

Saat Bunda mendampingi anak dalam menghadapi kegagalan, Si Kecil akan merasa lebih nyaman untuk terus mencoba dan tidak terlalu takut akan kegagalan di masa depan. Hal ini penting untuk menumbuhkan sikap pantang menyerah dan ketangguhan dalam dirinya. Di sisi lain, apabila tidak didukung, maka kegagalan dapat memberikan rasa takut pada Si Kecil. Untuk informasi lebih lanjut, Bunda bisa membaca lebih lanjut artikelnya berikut ini: Cara Menghilangkan Rasa Takut pada Si Kecil.

Mendorong Minat dan Bakatnya

Mengizinkan anak untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya adalah salah satu cara efektif dalam membangun kepercayaan diri. Bunda bisa memberikan dukungan dengan menyediakan sarana dan waktu bagi anak untuk mengembangkan hobinya, seperti bermain musik, melukis, atau berolahraga.

Ketika Si Kecil merasa berhasil dalam kegiatan yang ia sukai, maka ia akan merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuannya. Selain itu, pengakuan dari lingkungan sekitar juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya dirinya secara signifikan.

Jadilah Teladan Bagi Si Kecil

Sebagai orang tua, Bunda adalah teladan terbaik bagi Si Kecil. Tunjukkan sikap positif dan optimis dalam menghadapi masalah. Ini akan membantu Si Kecil belajar cara menghadapi masalah dengan tenang dan optimis.

Ketika Si Kecil melakukan kesalahan, berikan bimbingan dengan penuh kasih sayang dan pengertian. Jelaskan bahwa tindakannya salah, tetapi Bunda memahami perasaannya. Ini akan membantu Si Kecil belajar dari kesalahannya tanpa merasa takut atau malu. Kata-kata juga memiliki kekuatan besar dalam membentuk kepercayaan diri Si Kecil. Hindari kata-kata yang dapat menyakiti perasaan mereka dan selalu hargai proses yang mereka lalui, bukan hanya hasilnya. Dengan demikian, Bunda sudah memperlihatkan pada Si Kecil bagaimana bersikap sebagai teladan yang baik.

Selain itu, Bunda harus memahami kecerdasan majemuk anak dan potensi yang dimiliki oleh setiap aspek kecerdasannya. Setiap anak memiliki beragam bakat dan keahlian yang berbeda-beda. Lihat yuk pembahasan selengkapnya tentang kecerdasan majemuk dan cara meningkatkan potensinya di sini: Kecerdasan Majemuk Anak

Referensi:

  • Child Mind Institute. 12 Tips for Raising Confident Kids. Diakses pada 14 Desember 2023. https://childmind.org/article/12-tips-raising-confident-kids/
  • Kids Health. 9 Ways to Boost Your Child’s Self-Esteem. Diakses pada 14 Desember 2023. https://kidshealth.org/en/parents/boost-self-esteem.html

Lihat Artikel Lainnya