Nutrisi Tepat

Mengenal Susu Hipoalergenik, Jenis dan Manfaatnya

Morinaga Platinum - 25 Juli 2023

Dalam memberikan nutrisi kepada anak-anak yang memiliki alergi, banyak pakar gizi merekomendasikan agar anak-anak ini mengonsumsi susu hipoalergenik. Seperti apa susunya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Susu Hipoalergenik?

Susu hipoalergenik merupakan minuman nutrisi yang dirancang dengan formula yang sedemikian rupa, sehingga sangat minim untuk menimbulkan reaksi alergi bagi anak-anak. Dengan meminumnya, tubuh tidak akan bereaksi mengeluarkan histamin yang menyakiti sistem-sistem pada tubuh, sehingga tidak akan terjadi gejala umum seperti diare, ruam, atau pilek.

Produk hipoalergenik ini bekerja dengan memproses protein untuk mengecilkan kemungkinan reaksi alergi, dan mengurangi (atau bahkan menghilangkan protein alergen). Selain itu, minuman ini juga bekerja memberi dukungan terhadap kinerja alat pencernaan Si Kecil. Minuman ini juga menyediakan nutrisi yang lengkap untuk pertumbuhan.

Jenis Susu Hipoalergenik

Ada beraneka jenis susu hipoalergenik, tergantung pada cara proteinnya diproses. Jenis-jenisnya ialah sebagai berikut:

Terhidrolisis Sebagian (Partially Hydrolyzed)

Pada susu jenis partially hydrolyzed protein (PHP), protein mengalami proses pemecahan menjadi bagian yang berukuran kecil. Pemecahan ini dilakukan agar sistem pencernaan Si Kecil lebih mudah untuk mencerna protein tersebut. Jika lebih mudah dicerna, maka tubuh tidak akan bereaksi menolak, sehingga potensi reaksi alerginya akan bisa berkurang.

Minuman ini cocok untuk Si Kecil dengan risiko alergi rendah, serta membantu mengurangi potensi gejala alergi.

Terhidrolisis Secara Ekstensif (Extensively Hydrolyzed)

Pada susu jenis extensively hydrolyzed protein, protein akan mengalami proses pemecahan yang menyeluruh. Sehingga minuman ini hampir tidak mengandung protein alergen yang akan kontak dengan tubuh. Proses pemecahan ini dilakukan untuk mengurangi potensi reaksi alergi Si Kecil yang sangat sensitif terhadap protein alergen.

Produk jenis ini sangat sesuai untuk anak dengan alergi yang parah atau alergi yang tidak dapat diatasi dengan susu jenis partially hydrolyzed. Dengan mengonsumsi minuman ini secara rutin, risiko terjadinya gejala alergi seperti ruam, muntah, atau diare dapat sangat berkurang.

Formula Asam Amino (Free Amino Acid-Based)

Susu formula asam amino tidak mengandung protein susu sapi sama sekali, melainkan menggunakan asam amino sebagai sumber nutrisi. Ini membuat produk jenis ini sangat cocok untuk anak-anak yang sangat sensitif terhadap berbagai bahan makanan yang menjadi alergen.

Dengan mengkonsumsi formula asam amino, Si Kecil dapat memperoleh nutrisi yang diperlukan, tanpa risiko terhadap reaksi alergi atau masalah pencernaan. Namun, umumnya formula asam amino ini menjadi pilihan terakhir bagi banyak orang. Sebab, harganya cukup tinggi.

Kenapa Anak Butuh Susu Hipoalergenik?

Minuman ini menjadi alternatif yang penting bagi Si Kecil yang mengalami alergi makanan. Dengan mengonsumsinya, Si Kecil tetap memperoleh semua nutrisi yang ia butuhkan untuk tumbuhkembangnya.

Jika ia meminumnya, Bunda tidak akan sampai khawatir bahwa ia akan mengalami reaksi alergi seperti gangguan pencernaan, gangguan kulit, atau gangguan pernafasa, karena proteinnya juga lebih sederhana daripada protein susu sapi biasa.

Salah satu contoh susu hipoalergenik ini ialah Morinaga Chil Kid PHP, yang kandungan proteinnya merupakan jenis partially hydrolyzed protein. Produk ini memiliki kualitas yang terpercaya dan diformulasikan khusus untuk anak-anak dengan risiko alergi susu sapi.

Penasaran kan, Bunda? Yuk, kenali susu Morinaga yang proteinnya lebih mudah dicerna ini di sini: Morinaga Chil Kid PHP MoriCare Triple Bifi

Lihat Artikel Lainnya