Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini

3 Pilar untuk Jadikan Anak yang Multitalenta

Morinaga - 14 Juni 2024

Multitalenta adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki bakat dan menguasai keterampilan lebih dari satu bidang. Umumnya, anak-anak yang multitalenta mempunyai kecerdasan, kreativitas, atau keterampilan yang jauh melampaui rata-rata anak seusia mereka.

Tidaklah sulit untuk mewujudkan kreativitas anak-anak ini menjadi kenyataan, selama Bunda mampu memberikan 3 Pilar Penting untuk Dukung Mimpi Besarnya tersebut. Ketiga Pilar yang dimaksud adalah Potensi, Atensi, dan Nutrisi. Jika Bunda penasaran bagaimana ketiga pilar ini bisa mendukung tumbuh kembang Si Kecil secara lebih optimal, yuk, simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

Mengenal Anak yang Multitalenta

Anak-anak multitalenta dapat terlihat pada anak-anak yang menunjukkan Potensi luar biasa pada banyak aspek seperti akademik, olahraga, seni, dan musik. Dalam hal ini, talenta-talenta tersebut bisa berupa bakat yang dibawa Si Kecil sejak lahir, atau bisa juga berasal dari sesuatu yang diminati, dicintai, dan dipelajari oleh Si Kecil.

Maka dari itu, penting bagi Bunda untuk mengenalkan banyak hal, mengidentifikasi, dan fokus pada bidang yang ia gemari, sehingga nantinya ia bisa menjadi seorang anak yang multitalenta. Sebab, dengan menjadi anak yang multitalenta, maka perkembangannya akan menjadi maksimal. Ia bisa menjelajahi apa saja hal yang disukai, membangun kepercayaan diri, mengembangkan kinerja otak, serta mengekspresikan diri dengan cara-cara yang baru.

Di sisi lain, ada beberapa contoh kemampuan yang menandakan bahwa Si Kecil multitalenta, misalnya ia cepat dalam mempelajari sesuatu, mudah untuk fokus dan konsentrasi, daya ingatnya kuat, dan juga kreatif.

Pilar untuk Membuat Si Kecil Menjadi Multitalenta

Bakat atau talenta pada diri Si Kecil perlu dipupuk agar ia tumbuh menjadi individu yang serba bisa. Dukungan yang Bunda beri padanya antara lain:

Mengembangkan Pilar Potensi Si Kecil

Potensi Si Kecil dapat dimaksimalkan melalui pemilihan modalitas atau gaya belajar, serta identifikasi kecerdasan majemuk. Ada 4 jenis modalitas belajar, yaitu melalui visual (belajar dengan melihat), auditori (belajar melalui pendengaran), taktil (belajar melalui sentuhan), dan kinestetik (belajar melalui perlakuan dan pergerakan). 

Bila ingin mengetahui cara mana yang cocok bagi Si Kecil, coba Bunda amati setiap tindakannya dan fokus dengan aktivitas favoritnya. Kemudian, temukan cara yang tepat untuk membimbing Si Kecil agar Potensi-nya dapat berkembang secara optimal.

Selain modalitas, Bunda perlu mengenal kecerdasan majemuk sebagai faktor nature dalam diri Si Kecil, dengan tujuan untuk melihat Potensi terbaik yang ia miliki. Kecerdasan ini meliputi linguistik (kemampuan verbal), logis-matematis (angka, pola, dan penalaran logis), spasial (melihat sesuatu dengan mudah), musikal (memahami melodi dan musik), kinestetik tubuh (kemampuan aktivitas fisik tingkat tinggi), interpersonal (mudah bergaul dengan orang lain), dan intrapersonal (pandai memahami diri sendiri), dan naturalistik (kepekaan pada alam).

Mengenali kecerdasan majemuk yang dominan pada Si Kecil memungkinkan Bunda untuk menyusun aktivitas yang sesuai dengan Potensi alamiahnya.

Memberikan Pilar berupa Atensi kepada Si Kecil

Bunda dan Ayah merupakan gerbang pendidikan dan guru utama bagi Si Kecil, karena itu Atensi yang tepat dari Bunda dan Ayah akan mampu memperbaiki arah hidupnya. Untuk itu, Bunda dapat memberikan Atensi ini dengan cara melakukan pola asuh yang penuh perhatian pada Si Kecil.

Atensi ini dapat Bunda lakukan dengan banyak cara sederhana, misalnya melalui kegiatan membaca dan bermain bersama, serta mengajak Si Kecil mengobrol secara dalam setiap harinya. Agar Potensi-nya tercapai maksimal, pola asuh seperti ini perlu dilakukan secara konsisten.

Atensi juga diberikan dengan selalu memperhatikan tumbuh kembang Si Kecil. Bunda perlu memahami apakah pertumbuhannya telah optimal, dan apakah perkembangannya berjalan sesuai dengan umurnya. Apabila ada aspek tumbuh kembang ini yang tertinggal, Bunda perlu segera mengejarnya melalui perbaikan Nutrisi maupun berkonsultasi dengan dokter.

Mencukupi Kebutuhan akan Pilar Nutrisi Si Kecil 

Nutrisi menjadi bentuk Atensi lainnya dari Bunda dan merupakan salah satu faktor krusial dalam mendukung perkembangan Potensi Si Kecil untuk membuatnya menjadi multitalenta. Sebab, Nutrisi memberikan dampak positif yang langsung terlihat pada kondisi fisik dan kecerdasannya.

Bunda dapat memberikan Nutrisi melalui asupan yang mengandung gizi seimbang. Perlu juga Bunda memberikan Atensi lebih dengan fokus pada Nutrisi tertentu yang meningkatkan kecerdasan dan mendukung perkembangan Si Kecil. Apabila Nutrisi ini terpenuhi dengan baik, maka tumbuh kembangnya akan menjadi optimal, ia akan memiliki pertahanan tubuh ganda, sehingga ia memiliki energi yang cukup untuk mengeksplorasi ragam hal baru yang belum diketahui.

Di samping itu, Nutrisi yang tepat menjadi komponen penting agar fungsi otak, memori, konsentrasi, dan seluruh kemampuan kognitif Si Kecil bisa digunakan dengan maksimal. Hasilnya, ia akan lebih siap dan fokus untuk menerima berbagai stimulasi positif dari Bunda serta mampu meningkatkan Potensi kecerdasannya.

Bunda, untuk membuat Si Kecil tumbuh menjadi individu yang multitalenta, minat dan bakatnya perlu diasah dengan sebaik mungkin. Maka, beri ia Atensi dengan menyediakan banyak kesempatan untuk eksplorasi banyak hal secara berkelanjutan, sehingga ia dapat menemukan serta mengembangkan berbagai Potensi miliknya.

Kemudian, pantau setiap kemajuannya dan dukung Si Kecil dengan menyediakan segala hal yang ia butuhkan, salah satunya melalui pemberian Nutrisi. Yuk Bun, dukung Si Kecil menjadi anak yang multitalenta dengan memberi Nutrisi penting seperti yang tercantum di sini: Nutrisi Penting untuk Kecerdasan dan Tumbuh Kembang Anak.

Sumber: 

Raising Children. About gifted and talented children and teenagers. Diakses pada tanggal 30 Mei 2024. https://raisingchildren.net.au/preschoolers/play-learning/gifted-talented-children/about-gifted-children  

Parenting Smart. Helping your child develop talents. Diakses pada tanggal 30 Mei 2024. https://parentingsmart.place2be.org.uk/article/helping-your-child-develop-talents 

Children’s Bureau. Importance of Nutritional Foods for Kids and Young Children. Diakses tanggal 30 Mei 2024. https://www.all4kids.org/news/blog/importance-of-good-nutrition-for-young-children/ 

 

Lihat Artikel Lainnya