Syarat dan Ketentuan Pengguna Apps

Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT Cakra Radha Mustika terkait penggunaan situs Morinaga Rewards Club untuk dan atas nama PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutritionals). Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs Morinaga Rewards Club maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyutujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara PT Cakra Radha Mustika dengan Pengguna. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan yang terdapat dalam situs Morinaga Rewards Club.

  1. Definisi

    Kecuali dinyatakan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini, maka istilah-istilah atau kata-kata dalam huruf besar dalam Syarat dan Ketentuan ini memiliki arti sebagai berikut:

    1. PT Cakra Radha Mustika (untuk selanjutnya disebut sebagai “Morinaga Rewards Club” adalah suatu perseroan terbatas yang yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia, dimana memiliki dan mengelola sebuah situs portal yang menyediakan informasi produk dan/atau informasi kesehatan;
    2. Situs Morinaga Rewards Club adalah mobile application “Morinaga Rewards Club”, situs https://club.morinaga.id/, dan https://morinaga.id/id/klub yang secara resmi dimilki dan/atau dikelola oleh afiliasi PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutritionals) yaitu PT Cakra Radha Mustika;
    3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan Situs, termasuk namun tidak terbatas pada pihak yang terdaftar maupun tidak terdaftar/sekedar berkunjung ke Situs;
    4. Fitur adalah fitur yang disediakan oleh *Morinaga Rewards Club* pada Situs, baik melalui atau tidak melalui kerja sama dengan pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada Level Anda, Riwayat, Voucher Saya, Hubungi Kami, Tukar Reward, Keuntungan, Upload Struk, Referral;
    5. Level Keanggotaan adalah fitur yang disediakan oleh *Morinaga Rewards Club* agar Pengguna dapat mengetahui level keanggotaan yang dimiliki oleh Pengguna (level Ruby, Sapphire, atau Diamond;);
    6. Riwayat adalah fitur yang disediakan oleh *Morinaga Rewards Club* agar Pengguna dapat mengetahui riwayat transaksi yang pernah dilakukan melalui Morinaga Rewards Club;
    7. Voucher Saya adalah fitur yang disediakan oleh *Morinaga Rewards Club* agar Pengguna dapat mengetahui voucher yang dimiliki; oleh Pengguna;
    8. Hubungi Kami adalah fitur yang disediakan oleh *Morinaga Rewards Club* agar Pengguna dapat menghubungi Morinaga Rewards Club melalui layanan Whatsapp Morinaga;
    9. Tukar Reward adalah fitur yang disediakan oleh *Morinaga Rewards Club* agar Pengguna dapat menukarkan poin yang dimiliki dengan hadiah yang disediakan oleh Morinaga Rewards Club;
    10. Keuntungan adalah fitur yang disediakan oleh *Morinaga Rewards Club* agar Pengguna dapat membaca artikel maupun informasi lainnya; yang disediakan oleh Morinaga Rewards Club;
    11. Upload Struk adalah fitur yang disediakan oleh *Morinaga Rewards Club* untuk Pengguna dapat mengirimkan foto struk belanja; pembelian produk Morinaga untuk mendapatkan manfaat atau benefit sesuai ketentuan program yang berlaku pada Morinaga Rewards Club;
    12. Referral adalah fitur yang disediakan oleh *Morinaga Rewards Club* agar Pengguna dapat mengirimkan kode referral untuk mengundang teman yang belum menjadi member Morinaga Rewards Club dan mengetahui pencapaian atas aktivitas referral;
    13. Data adalah informasi pribadi Pengguna yang diperoleh, dikumpulkan, diolah, dianalisa, ditampilkan, dibuka, dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang Pengguna berikan kepada *Morinaga Rewards Club* atau yang *Morinaga Rewards Club* kumpulkan dari Pengguna, baik pada saat Pengguna melakukan pendaftaran di Situs, mengakses Situs, maupun mempergunakan layanan-layanan pada Situs;
    14. Layanan Pengguna, disebut juga sebagai Customer Care adalah fitur yang disediakan oleh *Morinaga Rewards Club* untuk memfasilitasi penyelesaian kendala/masalah yang dialami Pengguna dalam menggunakan Situs, termasuk namun tidak terbatas kendala pada Fitur dan/atau penghentian penggunaan Situs;
    15. Hari Kalender adalah setiap hari dari hari Senin sampai dengan hari Minggu, termasuk hari libur nasional dan cuti bersama;
    16. Syarat dan Ketentuan adalah syarat dan ketentuan untuk menggunakan Situs; dan
    17. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi, dan setiap syarat dan ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  2. Akun, Password dan Keamanan
    1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum. Apabila dikemudian hari ditemukan bahwa Pengguna tidak cakap dan tidak mampu mengikatkan dirinya dalam suatu perjanjian maka Pengguna memahami dan menyetujui untuk bertanggung jawab sepenuhnya atas hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada klaim, gugatan, ganti rugi, tuntutan, dan/atau upaya hukum lainnya dari *Morinaga Rewards Club*,, dan/atau pihak manapun, atas pelanggaran ketentuan ini.
    2. Morinaga Rewards Club* tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna untuk pembuatan akun pada Situs.
    3. Dalam melakukan pendaftaran pada Situs maka Pengguna diwajibkan untuk mencantumkan:
      1. Nama;
      2. Surat Elektronik/E-mail;
      3. Nomor Handphone;
      4. Informasi Keluarga; dan
      5. Produk yang dikonsumsi oleh Pengguna
    4. Pengguna wajib menjamin keaslian dari identitas yang dicantumkan pada saat pendaftaran dan/atau pembuatan akun di Situs dan melepaskan *Morinaga Rewards Club* dari segala klaim, somasi, tuntutan, ganti rugi, gugatan, dan/atau upaya hukum lainnya sehubungan dengan penyalahgunaan informasi yang dicantumkan tersebut.
    5. Morinaga Rewards Club* memiliki kewenangan untuk menutup dan/atau memblokir akun Pengguna, baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam menggunakan Situs dan/atau pelanggaran terhadap Ketentuan Situs, Syarat dan Ketentuan, dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa *Morinaga Rewards Club* berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pembuatan akun yang baru yang diajukan oleh Pengguna yang telah melakukan tindakan kecurangan dan/atau pelanggaran tersebut.
    6. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur, dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Situs, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) manipulasi data akun; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam menggunakan Situs, promosi, dsb; dan/atau (iv) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.
    7. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password atas semua aktivitas yang terjadi menggunakan dan/atau dalam akun Pengguna.
    8. Morinaga Rewards Club* tidak akan meminta informasi terkait akun Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada password untuk alasan apapun, oleh karena itu, *Morinaga Rewards Club* menghimbau Pengguna agar tidak memberikan informasi tersebut maupun informasi penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan *Morinaga Rewards Club* atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
    9. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap penggunaan Situs dan memberitahu *Morinaga Rewards Club* apabila ada penggunaan tanpa izin atas password atau akun Pengguna.
    10. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa *Morinaga Rewards Club* tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna dan/atau kesalahan pemberian informasi dari *Morinaga Rewards Club* yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan password atau surat elektronik/e-mail kepada pihak lain, kelalaian mencantumkan data Pengguna, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
    11. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna akan menggunakan Situs hanya untuk tujuan yang dimaksud untuk mengakses dan/atau mendapatkan Fitur. Pengguna tidak diperbolehkan untuk menyalahgunakan atau menggunakan Situs untuk aktivitas yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Konten
    1. Konten yang terdapat dalam Situs, termasuk namun tidak terbatas pada teks, grafis, foto, gambar, maupun materi lain yang terdapat dalam Situs (selanjutnya disebut sebagai “Konten”) semata-mata ditujukan sebagai pemberian informasi kepada Pengguna.
    2. Konten tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis atau kesehatan secara profesional yang meliputi pemberian diagnosis ataupun penanganan suatu penyakit atau permasalahan kesehatan yang dialami Pengguna. Setiap penentuan kepastian diagnosis dan pemberian obat atau terapi pada suatu penyakit atau permasalahan kesehatan harus melalui pemeriksaan secara langsung oleh Tenaga Kesehatan. Pengguna tidak diperbolehkan untuk mengabaikan saran medis atau kesehatan secara profesional dari Tenaga Kesehatan atau menunda mencari pertolongan secara langsung kepada Tenaga Kesehatan setelah mendapatkan informasi melalui Situs. Oleh karena itu, Pengguna melepaskan *Morinaga Rewards Club* dari segala klaim, somasi, tuntutan, ganti rugi, gugatan, dan/atau upaya hukum lainnya sehubungan dengan Pengguna yang mengabaikan saran medis atau kesehatan secara profesional dari Tenaga Kesehatan atau menunda mencari pertolongan secara langsung kepada Tenaga Kesehatan setelah mendapatkan informasi melalui Situs.
    3. Jika Pengguna berada dalam keadaan darurat medis atau kesehatan, maka Pengguna disarankan untuk segera menghubungi layanan kesehatan terdekat, tenaga medis/kesehatan, ataupun kontak gawat darurat melalui nomor 118. Oleh karena itu, ketergantungan pada informasi dan/atau rekomendasi yang disediakan oleh *Morinaga Rewards Club* melalui Situs adalah merupakan tanggung jawab dan risiko dari Pengguna sendiri.
    4. Situs ditujukan untuk menyampaikan Konten kepada Pengguna sehingga Situs tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasihat medis atau kesehatan dari seseorang profesional di bidang medis atau kesehatan yang terlatih. Oleh karena itu, Pengguna disarankan untuk berkonsultasi secara langsung dengan profesional di bidang medis atau kesehatan mengenai masalah medis atau kesehatan yang dialami sebelum mengambil tindakan berdasarkan informasi yang didapat melalui Situs.
    5. Lebih lanjut, sepanjang diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka *Morinaga Rewards Club* tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerugian yang mungkin timbul dari tindakan Pengguna yang mengakses atau bergantung pada Konten yang terdapat dalam Situs.
  4. Fitur
    1. Morinaga Rewards Club* menyediakan Fitur melalui Situs, yang terdiri dari:
      1. Level Keanggotaan
      2. Riwayat
      3. Voucher Saya
      4. Hubungi Kami
      5. Tukar Reward
      6. Keuntungan
      7. Upload Struk
      8. Referral.
    2. Bagian tertentu dari Situs dapat memungkinkan Pengguna untuk mengunggah, menampilkan, atau dengan cara lain mengkomunikasikan teks, pesan, foto, nama Pengguna dan/atau informasi lainnya terkait Pengguna (secara bersama-sama disebut sebagai “Materi Pengguna”).
    3. Pengguna dilarang untuk menyediakan Materi Pengguna yang:
      1. Mengandung unsur pornografi;
      2. Mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras dan etnis, dan Antar golongan);
      3. Mengandung unsur Politik;
      4. Melanggar hak kekayaan intelektual pihak lain;
      5. Melanggar hak pihak lain;
      6. Mendiskreditkan produk atau merek *Morinaga Rewards Club*;
      7. Mengandung iklan, kesempatan investasi, atau komunikasi komersial lainnya yang bersifat menawarkan produk atau jasa; atau
      8. Melanggar ketentuan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    4. Pengguna memahami dan menjamin bahwa Pengguna telah memiliki (dan akan terus-menerus selama Anda menggunakan Situs) seluruh hak, izin, dan/atau persetujuan yang dibutuhkan untuk *Morinaga Rewards Club* menggunakan Materi Pengguna berdasarkan tujuan yang mungkin ada saat ini atau dimasa yang akan datang bagi Situs.
    5. Lebih lanjut, Pengguna memahami dan menjamin bahwa Pengguna memiliki izin, dan segala dokumentasi yang diperlukan dari setiap pihak yang terkandung dalam Materi Pengguna untuk menggunakan namanya atau kemiripannya, dengan cara sebagaimana diatur dalam Situs.
    6. Sehubungan dengan Materi Pengguna, maka Pengguna memahami dan menyetujui untuk bertanggung jawab sepenuhnya atas Materi Pengguna, termasuk segala akibat hukum yang mungkin timbul atas publikasi Materi Pengguna tersebut. Oleh karena itu, Pengguna memahami dan menyetujui untuk melepaskan *Morinaga Rewards Club* dari segala klaim, somasi, tuntutan, ganti rugi, gugatan, dan/atau upaya hukum lainnya atas Materi Pengguna.
    7. Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa informasi dan/atau materi yang dikemukakan atau termasuk dalam Materi Pengguna tidak diperoleh dari *Morinaga Rewards Club*,, dan *Morinaga Rewards Club* tidak memiliki kewajiban dan tanggung jawab apapun sehubungan dengan seluruh Materi Pengguna yang ada dalam Situs.
    8. Dengan mengunggah Materi Pengguna melalui Situs maka Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Materi Pengguna dapat tersedia bagi khalayak umum (tidak bersifat informasi rahasia) dan dapat terjadi pelanggaran privasi sehingga Pengguna melepaskan *Morinaga Rewards Club* dari segala klaim, somasi, tuntutan, ganti rugi, gugatan, dan/atau upaya hukum lainnya sehubungan dengan adanya pelanggaran privasi atas Materi Pengguna.
  5. Situs Pihak Ketiga

    Apabila Situs memuat tautan ke situs dan/atau sumber lain yang disediakan oleh pihak manapun (selanjutnya disebut sebagai “Situs Pihak Ketiga”), maka tautan tersebut disediakan hanya untuk memberikan informasi kepada Pengguna. Oleh karena itu, *Morinaga Rewards Club* tidak memiliki kendali terhadap isi dari Situs Pihak Ketiga, dan tidak memiliki kewajiban terhadap Situs Pihak Ketiga dan/atau terhadap kerugian atau kehilangan apapun yang mungkin dialami oleh Pengguna akibat menggunakan atau mengakses Situs Pihak Ketiga

  6. Layanan Pengguna
    1. Pengguna dapat menggunakan Layanan Pengguna apabila mengalami kendala dan/atau permasalahan dalam penggunaan Fitur dan/atau Situs atau apabila ingin mengajukan penghentian penggunaan Fitur dan/atau Situs.
    2. Dengan menggunakan Layanan Pengguna, maka Pengguna diharapkan sudah menyiapkan dokumen pendukung terkait dengan kendala dan/atau pemasalahan yang dihadapi dalam penggunaan Fitur dan/atau Situs.
    3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa *Morinaga Rewards Club* membutuhkan waktu untuk menyelesaikan kendala dan/atau permasalahan yang dihadapi oleh Pengguna terkait penggunaan Fitur dan/atau Situs. Oleh karena itu, Pengguna akan melepaskan *Morinaga Rewards Club* dari segala klaim, somasi, tuntutan, ganti rugi, gugatan, dan/atau upaya hukum lainnya sehubungan dengan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh *Morinaga Rewards Club* atas kendala dan/atau permasalahan tersebut.
    4. Morinaga Rewards Club* berwenang untuk memberikan keputusan berdasarkan dokumen pendukung yang diberikan Pengguna dan dokumen atau informasi yang dimiliki *Morinaga Rewards Club* terkait dengan kendala dan/atau permasalahan yang dialami Pengguna.
    5. Dalam menginformasikan keputusan atas kendala dan/atau permasalahan yang dihadapi Pengguna, maka *Morinaga Rewards Club* akan menginformasi kepada Pengguna melalui *Morinaga Rewards Club* Customer Care 0800-140-2000 (Waktu operasional: hari Senin – Jumat, Pk. 08:00 - 16:30 WIB dan hari Sabtu, Pk. 08:00 - 12:00 WIB) Layanan tidak tersedia pada hari Minggu dan hari libur nasional, atau surat elektronik/email di customer@kalbenutritionals.com (24 jam). Apabila dalam jangka waktu 3 (tiga) Hari Kalender sejak pertama kali dihubungi oleh *Morinaga Rewards Club*,, Pengguna tidak memberikan respon ataupun tanggapan, maka dengan ini Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna dianggap setuju dengan keputusan yang diberikan oleh *Morinaga Rewards Club* dan atas hal tersebut, dan Pengguna melepaskan *Morinaga Rewards Club* dari segala klaim, somasi, gugatan, ganti rugi, tuntutan, dan/atau upaya hukum lainnya.
  7. Promo
    1. Morinaga Rewards Club* sewaktu-waktu dapat memberikan program promo kepada Pengguna melalui Situs dan/atau media sosial yang dimiliki dan/atau dikelola oleh *Morinaga Rewards Club* atau afiliasinya, termasuk namun tidak terbatas pada kupon potongan harga untuk transaksi melalui Situs atau Situs Pihak Ketiga.
    2. Morinaga Rewards Club* berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, membatalkan penggunaan promo oleh Pengguna jika ditemukan indikasi kecurangan atau pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna atas Ketentuan Situs, Syarat dan Ketentuan, dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Atas pembatalan tersebut, maka *Morinaga Rewards Club* tidak akan memberikan ganti rugi dalam bentuk apa pun dan *Morinaga Rewards Club* dilepaskan dari segala klaim, somasi, tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau upaya hukum lainnya atas pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku tersebut.
  8. Hak Kekayaan Intelektual
    1. Hak kekayaan intelektual dalam dan terhadap Situs, termasuk namun tidak terbatas pada logo, merek, software, dan/atau materi yang tercantum dalam Situs, merupakan sepenuhnya dimiliki, dilisensi, atau dikontrol oleh *Morinaga Rewards Club* atau pemilik sah hak kekayaan intelektual (sesuai yang relevan) (disebut sebagai “Hak Kekayaan Intelektual”).
    2. Bagian atau bagian-bagian dari Situs tidak boleh direproduksi, direkayasa balik (reverse engineer), didekompilasi, diotak-atik, dipisahkan, diubah, didistribusikan, dipublikasikan ulang, ditampilkan, disiarkan, dipranala (hyperlink), disalin (mirror), di-frame (framing), dipindahkan, atau dikirimkan dengan cara atau metode apa pun atau disimpan dalam sistem pemulihan informasi atau dipasang di server, sistem, atau peralatan apa pun tanpa izin tertulis dari *Morinaga Rewards Club* atau pemilik sah Hak Kekayaan Intelektual. Izin penggunaan Hak Kekayaan Intelektual hanya akan diberikan kepada Pengguna untuk mengunduh, mencetak, dan/atau menggunakan Situs untuk penggunaan pribadi dan nonkomersial, dengan kondisi bahwa Pengguna tidak mengubah Hak Kekayaan Intelektual dan bahwa *Morinaga Rewards Club* atau pemilik sah Hak Kekayaan Intelektual tetap memegang dan/atau sebagai pemilik sah Hak Kekayaan Intelektual.
    3. Bagian manapun dari Situs tidak menyatakan bahwa Hak Kekayaan Intelektual dialihkan kepada pihak manapun, tanpa persetujuan tertulis dari *Morinaga Rewards Club* atau pemilik sah Hak Kekayaan Intelektual.
    4. Pengguna memberikan *Morinaga Rewards Club* lisensi noneksklusif untuk menggunakan materi atau informasi yang Pengguna cantumkan atau kirimkan melalui Situs dan/atau memberikan kepada *Morinaga Rewards Club* melalui sarana lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada pertanyaan, ulasan, komentar, dan saran. Saat memublikasikan komentar atau ulasan pada Situs, Pengguna juga memberikan *Morinaga Rewards Club* hak untuk menggunakan nama Pengguna sehubungan dengan ulasan, komentar, dan/atau konten lain. Pengguna tidak boleh menggunakan alamat surat elektronik/e-mail palsu, berpura-pura menjadi orang lain selain diri sendiri, atau menyesatkan *Morinaga Rewards Club* atau pihak manapun mengenai informasi apa pun yang Pengguna berikan.
  9. Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab
    1. Situs adalah portal web yang disediakan oleh *Morinaga Rewards Club* untuk menyediakan Fitur kepada Pengguna sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab *Morinaga Rewards Club* secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.
    2. Morinaga Rewards Club* selalu berupaya untuk menjaga Situs aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, namun *Morinaga Rewards Club* tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Situs dapat selalu sempurna. Selain itu, informasi dan/atau data yang terdapat dalam Situs memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.
    3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna memanfaatkan Situs atas risiko Pengguna sendiri, dan Situs diberikan kepada Pengguna dalam keadaan "sebagaimana adanya" dan "sebagaimana tersedia".
    4. Sejauh diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, *Morinaga Rewards Club* (termasuk induk perusahaan, afiliasinya, anak perusahaan, direktur, dan/atau karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Pengguna memahami dan menyetujui untuk tidak menggunakan upaya hukum, termasuk namun tidak terbatas menuntut, menggugat, dan/atau upaya hukum lainnya, terhadap *Morinaga Rewards Club* untuk bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:
      1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Situs;
      2. Informasi atau petunjuk lain yang tersedia dalam Situs;
      3. Keterlambatan atau gangguan dalam Situs;
      4. Kelalaian dan/atau kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna;
      5. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual;
      6. Pencemaran nama baik pihak lain;
      7. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Situs;
      8. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Situs;
      9. Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan Situs;
      10. Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna; atau
      11. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna
  10. Pengganti Kerugian
    1. Pengguna memahami dan menyetujui untuk melindungi dan membebaskan *Morinaga Rewards Club* serta memberikan ganti rugi kepada *Morinaga Rewards Club* (apabila ada) dari dan terhadap semua klaim, somasi, tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau upaya hukum lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada biaya, kerusakan, kerugian, tanggung jawab, dan pengeluaran (termasuk biaya pengacara) apa pun yang timbul akibat atau terkait:
      1. penggunaan Fitur, mitra, pengiklan, dan/atau sponsor;
      2. pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna atas ketentuan apa pun dalam Ketentuan Situs, Syarat dan Ketentuan ini atau peraturan perundang-undangan yang berlaku;
      3. pelanggaran Pengguna atas hak pihak manapun; atau
      4. penggunaan atau penyalahgunaan Situs oleh Pengguna
    2. Kewajiban perlindungan dan pemberian ganti rugi ini akan tetap berlaku setelah penggunaan Fitur dan/atau Situs oleh Pengguna telah berakhir.
  11. Pilihan Hukun dan Penyelesaian Perselisihan
    1. Syarat dan Ketentuan ini dibuat dan diatur dengan tunduk kepada hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
    2. Segala perselisihan atau perbedaan pendapat yang timbul atas pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada pelanggaran terhadap ketentuan dalam Ketentuan Situs, Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, terlebih dahulu akan dibicarakan dan diselesaikan oleh *Morinaga Rewards Club* dan Pengguna secara musyawarah untuk mufakat, dan apabila musyawarah untuk mufakat tetap tidak tercapai, maka *Morinaga Rewards Club* dan Pengguna setuju dan sepakat untuk menyelesaikannya melalui pengadilan sesuai dengan yurisdiksi hukum dari *Morinaga Rewards Club.
  12. Data Pengguna
    1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa memberikan Data dan/atau informasi lainnya melalui Situs secara sadar dan tanpa paksaan dari *Morinaga Rewards Club* maupun pihak manapun.
    2. Dengan memberikan memberikan Data dan/atau informasi lainnya melalui Situs maka Pengguna memahami dan menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku dalam penggunaan Situs, dimana Kebijakan Privasi dapat dilihat DISINI.
  13. Penghentian Layanan
    1. Pengguna sewaktu-waktu dapat menghentikan penggunaan Situs, termasuk meminta akun beserta Data dihapus kepada *Morinaga Rewards Club* dengan cara menghubungi *Morinaga Rewards Club* melalui Layanan Pengguna.
    2. *Morinaga Rewards Club* berhak sewaktu-waktu untuk segera menangguhkan, membatasi, dan/atau menghentikan penggunaan Situs oleh Pengguna apabila berdasarkan penilaian dari *Morinaga Rewards Club* bahwa Pengguna telah melanggar ketentuan dalam Ketentuan Situs, Syarat dan Ketentuan ini atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    3. *Morinaga Rewards Club* dan Pengguna memahami dan menyetujui untuk mengesampingkan ketentuan dalam Pasal 1266 dan Pasal 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sehubungan dengan penghentian penggunaan Situs.
  14. Perubahan Syarat dan Ketentuan

    Syarat dan Ketentuan dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu, oleh karena itu, *Morinaga Rewards Club* menyarankan Pengguna agar memeriksa dan membaca secara seksama Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan dan/atau pembaharuan tersebut. Dengan tetap mengakses Situs, maka Pengguna dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, termasuk perubahan dan/atau pembaharuannya.

  15. Lain-lain
    1. Judul di dalam Syarat dan Ketentuan ini dibuat hanya sebagai acuan, dan sama sekali tidak menetapkan, membatasi, menjelaskan atau menjabarkan apa yang termaktub dalam masing-masing bagian tersebut.
    2. Apabila ketentuan apa pun dalam Syarat dan Ketentuan ini dianggap ilegal, tidak valid, atau tidak dapat dilaksanakan, secara keseluruhan atau sebagian, berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap (inkracht) dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka ketentuan atau bagian dari ketentuan tersebut dianggap bukan merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan ini, tetapi kelegalan, keabsahan, dan keberlakuan dari ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan ini tetap berlaku dan mengikat *Morinaga Rewards Club* dan Pengguna.
    3. Syarat dan Ketentuan ini hanya dibuat dalam Bahasa Indonesia yang mengikat *Morinaga Rewards Club* dan Pengguna.

Catatan: Syarat dan Ketentuan ini berlaku efektif pada tanggal 3 Februari 2023