Tumbuh Kembang

Cara Mengidentifikasi Kecerdasan Majemuk pada Si Kecil

Morinaga Platinum - 28 Juni 2024

Bunda tentu sudah tidak asing lagi ya dengan istilah kecerdasan majemuk. Konsep kecerdasan yang dikemukakan oleh Howard Gardner ini menyatakan bahwa setiap individu memiliki jenis kecerdasan yang berbeda dan tidak dapat hanya diukur melalui tes IQ saja. Lalu, bagaimana cara mengetahui jenis kecerdasan Si Kecil dan cara mengembangkannya? Baca artikel ini sampai habis untuk mendapatkan jawabannya, yuk!

Pentingnya Mengenali Kecerdasan Majemuk

Dengan mengetahui jenis kecerdasan mana yang cenderung dimiliki Si Kecil, Bunda bisa mengetahui dan memahami gaya belajar yang tepat untuknya. Dengan begitu, Bunda bisa menyesuaikan gaya belajarnya untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Selain itu, memahami kecerdasan Si Kecil juga akan memudahkan Bunda dalam mengenali dan mengembangkan bakatnya. 

Perlu Bunda untuk ingat bahwa setiap individu memiliki bakat yang berbeda. Ada yang menonjol dalam bidang eksakta seperti matematika, sementara yang lain lebih unggul dalam bidang olahraga. Namun, keunggulan dalam satu bidang tidak membuat seorang anak lebih superior dibandingkan dengan anak yang memiliki bakat yang berbeda.

Oleh karena itu, bimbing dan berikanlah dukungan yang tepat kepada Si Kecil agar ia bisa mencapai hasil terbaik versinya. 

Cara Mengidentifikasi Kecerdasan Majemuk pada Si Kecil

Mengamati Aktivitas Si Kecil

Cara paling dasar dan efektif untuk mengidentifikasi kecerdasan majemuk Si Kecil adalah mengamati aktivitasnya sehari-hari. Amati apa yang Si Kecil lakukan dengan penuh antusiasme, bahkan seringkali tanpa diminta. Misalnya, Si Kecil  yang sering menggambar mungkin memiliki kecerdasan visual-spasial yang dominan. 

Sementara, apabila ia suka merakit mainan atau bermain dengan puzzle mungkin menunjukkan kecerdasan logis-matematis. Pengamatan ini membantu dalam mengenali pola minat dan preferensi Si Kecil dalam berbagai aktivitas.

Kemampuan Memecahkan Masalah

Untuk mengidentifikasi kecerdasan Si Kecil, Bunda juga bisa memerhatikan kemampuannya dalam memecahkan masalah, yang mencerminkan kecerdasan logis-matematis. 

Anak-anak dengan kecerdasan ini suka bermain dengan teka-teki, memecahkan masalah matematika, dan menunjukkan kemampuan berpikir logis. Umumnya, mereka menikmati aktivitas yang membutuhkan penalaran, seperti permainan strategi, eksperimen ilmiah sederhana, atau kegiatan yang melibatkan perhitungan. 

Mengamati cara Si Kecil mendekati dan menyelesaikan masalah sehari-hari atau tantangan yang ia hadapi dapat memberikan petunjuk tentang tingkat kecerdasan logis-matematisnya.

Kreativitas dan Imajinasi

Nah, jika Si Kecil cenderung menunjukkan kreativitas dan imajinasi, besar kemungkinan ia memiliki kecerdasan visual-spasial dan kecerdasan kinestetik. Umumnya, anak-anak dengan kecerdasan visual-spasial yang tinggi menunjukkan kemampuan dalam menggambar, melukis, membangun dengan balok, dan memiliki pemahaman yang baik tentang ruang dan bentuk. 

Sementara itu, anak-anak dengan kecerdasan kinestetik menikmati kegiatan fisik seperti menari, olahraga, dan aktivitas yang melibatkan keterampilan tangan. 

Kepekaan terhadap Lingkungan

Apakah Si Kecil menyukai hewan, tumbuhan, dan alam secara menyeluruh? Jika ya, bisa jadi Si Kecil memiliki kecerdasan naturalis, Bun. Kecerdasan ini ditandai dengan tingginya minat terhadap alam, hewan, tumbuhan, dan fenomena alam lainnya. 

Anak-anak dengan kecerdasan ini senang menghabiskan waktu di luar rumah, mengamati makhluk hidup, mengumpulkan benda-benda dari alam, dan menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang ekosistem. 

Perhatikan Minat dan Hobi Si Kecil

Bunda, minat dan hobi Si Kecil seringkali mencerminkan kecerdasan dominan pada dirinya. Oleh karena itu, hal ini tidak boleh luput dari perhatian Bunda untuk mengetahui kecerdasan yang ia miliki, ya. 

Misalnya, Si Kecil yang gemar bermain alat musik mungkin memiliki kecerdasan musikal yang tinggi, sementara jika senang membaca buku besar kemungkinan memiliki kecerdasan linguistik. 

Cara Mengembangkan Kecerdasan Majemuk

Untuk mengembangkan kecerdasan majemuk pada Si Kecil, terdapat beberapa tips yang bisa Bunda terapkan di rumah, yaitu:

  • Dorong Si Kecil bereksplorasi dengan berbagai aktivitas, seperti berolahraga, kerja kelompok, menulis, atau bermain musik.
  • Tawarkan Si Kecil dengan berbagai materi dan pengalaman belajar yang berbeda-beda. Misalnya, dengan memberinya buku, teka-teki, dan alat musik.
  • Setelah menerapkan beragam metode belajar dan aktivitas untuk Si Kecil, langkah selanjutnya adalah memberinya beberapa tes sehingga Bunda dapat mengetahui kekuatan atau kelebihan Si Kecil di masing-masing kecerdasan. Dengan melakukan ini akan membantu Bunda dalam mengembangkan kecerdasannya.

Nah, sekarang Bunda sudah tau ya pentingnya mengenali kecerdasan majemuk pada Si Kecil, cara mengidentifikasi, serta cara mengembangkannya. Teruslah beri stimulasi dan dukungan yang tak terhingga agar ia bisa mencapai hasil yang optimal. Penting untuk tidak membandingkan Si Kecil dengan siapa pun, karena setiap anak memiliki kecerdasan yang  berbeda. 

Untuk mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil, pastikan Bunda memberikan nutrisi yang seimbang setiap harinya ya. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam terkait hal ini, baca artikel berikut yuk: Panduan Makanan Bergizi Seimbang untuk Si Kecil

Referensi:

  • Verywell Family. How Multiple Intelligences Shape Learning. Diakses pada tanggal 21 Maret 2023. https://www.verywellfamily.com/what-are-multiple-intelligences-4002039
  • University of the People. What is the Multiple Intelligences Theory?. Diakses pada tanggal 21 Maret 2023. https://www.uopeople.edu/blog/what-is-the-multiple-intelligences-theory/
  • Phyllis Riccia School. Why the Theory of Multiple Intelligences in Children is Vital to Development. Diakses pada tanggal 21 Maret 2023. https://prsschool.com.sg/theory-of-multiple-intelligences-in-children/
Lihat Artikel Lainnya