Manajemen Keluarga

Cara Jitu Buat Belajar Jadi Menyenangkan Bagi Si Kecil

Morinaga Platinum - 24 Januari 2019

Di zaman sekarang ini, keluarga lekat dengan kegiatan sehari-hari yang menyita waktu. Orangtua sibuk dengan pekerjaannya dan anak-anak juga punya aktivitasnya sendiri seperti sekolah. Hasil studi yang dilansir oleh Daily Mail UK memerlihatkan bahwa rata-rata waktu yang dihabiskan keluarga melakukan aktivitas bersama-sama per minggunya hanya delapan jam saja. Per hari hanya 36 menit saja. Tetapi, tingkat kesadaran keluarga untuk meluangkan waktu berkegiatan bersama juga bertambah.

Ketika kesibukan memuncak, Bunda perlu ingat bahwa kita harus meluangkan waktu khusus untuk keluarga. Tidak perlu berdurasi lama, yang penting adalah kualitas dari kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu khusus tersebut. Untuk menunjang proses tumbuh kembang Si Kecil agar lebih optimal, Bunda bisa melakukan beberapa aktivitas berikut. Waktunya bisa disesuaikan dengan agenda keluarga. Bisa dilakukan kapan saja.

Mendongeng

Membacakan buku cerita sebelum anak tidur sangat dianjurkan agar terbentuk kedekatan emosional dan juga menambah kosa kata anak. Bunda bisa menambahkan informasi tambahan yang kira-kira masih ada hubungan dengan jalan cerita buku tersebut. Misalnya saat bercerita dongeng Putri Tidur, Bunda bisa menambahkan informasi mengenai ksatria Inggris. Si Kecil juga akan terpancing untuk bertanya dan akan terjalin percakapan dua arah yang seru.

Mau contoh dongeng yang dapat Bunda dapatkan tanpa harus beli buku baru? Yuk, baca dongengnya di sini saja: 10 Dongeng Sebelum Tidur yang Mendidik

Jalan-jalan di taman

Belajar tidak hanya di dalam rumah saja. Sebelum Bunda berangkat beraktivitas, ajak Si Kecil keluar ke taman. Sebutkan bagian-bagian tumbuhan seperti daun, bunga, dahan. Atau lihat ke atas untuk memerhatikan awan dan berimajinasilah. Tanya kepada Si Kecil kira-kira awan yang dilihat mirip dengan hewan apa,ya.

Bernyanyi

Saat bersiap-siap di pagi hari, bernyanyi bisa sekali dilakukan. Lagu adalah salah satu alat belajar yang menyenangkan. Gunakan kreativitas Bunda, ubah lirik lagu populer dengan kata-kata yang bisa menambah pengetahuannya.

Bermain game elektronik

Tidak ada salahnya berkegiatan main game dengan Si Kecil. Tentu Bunda harus memilih game yang akan dimainkan. Bunda bisa pilih permainan yang membutuhkan kemampuan untuk mencocokkan gambar, misalnya. Jelaskan aturan terlebih dulu, waktu bermain game elektronik harus dibatasi. Buat kesepakatannya bersama Si Kecil.

Tidak sulit, kok, membuat proses belajar Si Kecil menyenangkan. Hanya dibutuhkan sedikit kreativitas Bunda saja dan tentu kesediaan untuk meluangkan waktu. Selamat bersenang-senang!

Lihat Artikel Lainnya