Manfaat Tidur Siang dan Waktu Terbaiknya

Morinaga Platinum ♦ 1 Agustus 2017

Manfaat Tidur Siang dan Waktu Terbaiknya

Tidur siang memiliki manfaat penting untuk anak-anak seperti meningkatkan konsentrasi, menjaga suasana hati, serta mendukung pertumbuhan fisik, kesehatan mental, dan sistem kekebalan tubuh mereka. Yuk, kenali apa saja manfaat tidur siang dan kapan waktu terbaiknya.

Manfaat Tidur Siang untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Berikut beberapa alasan mengapa Si Kecil dianjurkan untuk tidur siang.

1. Menunjang perkembangan otak

Tidur siang selama satu jam sudah dapat meningkatkan kerja otak Si Kecil. Karena itu, tidur siang mampu membantu pembentukan memori dan proses belajarnya. Kemampuan visual spasial Si Kecil juga akan meningkat setelah tidur siang. Kim West, MD, sleep coach dari Annapolis, Amerika Serikat sekaligus penulis Gentle Proven Solutions to Help Your Child Sleep Well and Wake Up Happy mengemukakan bahwa saat tidur, Si Kecil akan merekam kembali di otak semua hal yang sudah ia pelajari sebelumnya. Ini akan memudahkannya mengakses kembali ingatan tersebut saat bangun nanti.

2. Mendorong pertumbuhan tubuh

Kim West, MD juga mengatakan bahwa tumbuh kembang Si Kecil akan lebih optimal apabila ia terbiasa tidur siang dan tidur nyenyak sepanjang malam. Hal ini disebabkan karena saat tidur, hormon pertumbuhan (growth hormone) dilepaskan.

Kurangnya waktu tidur pada Si Kecil sering dihubungkan dengan masalah kesehatan. Studi yang dilansir Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine menyebutkan bahwa anak berusia di bawah 5 tahun yang tidak bisa tidur malam dengan nyenyak berisiko tinggi obesitas yang akan bisa membawanya ke masalah kesehatan lain seperti diabetes.

3. Membuat mood dan mental lebih stabil

Si Kecil yang rutin tidur siang cukup memiliki mood dan kondisi mental yang lebih stabil. Mereka lebih tenang, tidak mudah rewel, ceria, dan lebih mampu untuk menyelesaikan masalah dengan baik. Anak yang melewatkan tidur siang bisa mudah menangis dan tantrum. Jika Si Kecil sampai mengalami tantrum, tentu Bunda perlu menanganinya dengan penuh kasih dan kesabaran. Simak panduannya di sini ya: Cara Mengatasi Anak Tantrum Dengan Efektif

4. Menjaga anak tetap sehat

Tidur siang membuat organ tubuh Si Kecil dapat beristirahat setelah Si Kecil beraktivitas selama setengah hari. Selain itu, tidur siang membuat anak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Pola tidur yang kurang baik pada anak bisa meningkatkan peluang obesitas, karena kurang tidur bisa membuat anak memiliki pola makan yang kurang sehat seperti konsumsi makanan tinggi gula.

Nah, melihat begitu pentingnya tidur siang untuk tumbuh kembang Si Kecil, maka sebaiknya untuk anak usia tiga hingga lima tahun perlu dibuatkan jadwal tidur siang yang rutin. Karena tidur siang membantu anak memenuhi kebutuhan tidurnya, simak kebutuhan waktu tidur anak di artikel berikut yuk: Kenali Kebutuhan Waktu Tidur Anak Sesuai Tahapan Usia

Waktu yang Tepat untuk Anak Tidur Siang

Waktu tidur siang yang baik adalah sekitar jam 1 siang sampai dengan jam 3 sore. Ada beberapa alasan kenapa ini menjadi waktu yang terbaik.

  • Ritme Alami Tubuh: Manusia memiliki siklus sirkadian, yang mengatur ritme tidur dan bangun. Di jam 1-3 sore ini, Si Kecil mengalami penurunan energi yang disebabkan oleh fluktuasi kadar gula darah dan hormon dalam tubuh. Ini membuat tubuh cenderung merasa mengantuk dan butuh istirahat.
  • Kadar Gula Darah: Setelah makan siang, tubuh akan mulai memproses makanan sehingga menyebabkan penurunan kadar gula darah. Penurunan ini dapat membuat anak merasa mengantuk dan lelah. Tidur siang pada saat ini dapat membantu memperbaiki kembali energi dan konsentrasi.
  • Tidak Mengganggu Tidur Malam: Salah satu pertimbangan penting dalam menentukan waktu tidur siang adalah untuk tidak mengganggu tidur malam. Jika anak tidur siang terlalu larut, misalnya setelah pukul 4 sore, ini dapat mengganggu kemampuan anak untuk tertidur saat tidur malam tiba.

Agar Bunda dapat mengatasi susah tidur Si Kecil, penting untuk memperhatikan waktu tidur siangnya. Temukan tips lebih lanjut dalam artikel ini untuk memastikan waktu tidur yang tepat dan mendukung kualitas tidur anak: Cara Mengatasi Susah Tidur pada Si Kecil.

Durasi tidur siang yang dianjurkan

Kim West mengatakan bahwa tumbuh kembang Si Kecil akan lebih optimal apabila ia terbiasa tidur siang dan tidur nyenyak sepanjang malam. Hal ini disebabkan karena saat tidur, hormon pertumbuhan (growth hormone) dilepaskan.

Kurangnya waktu tidur pada Si Kecil sering dihubungkan dengan masalah kesehatan. Studi yang dilansir Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine menyebutkan bahwa anak berusia di bawah 5 tahun yang tidak bisa tidur malam dengan nyenyak berisiko tinggi obesitas yang akan bisa membawanya ke masalah kesehatan lain seperti diabetes.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan tidur siang masing-masing anak berbeda, tergantung usianya. Sebagai salah satu contoh, anak usia 1–2 tahun membutuhkan tidur 14 jam per hari. Bunda bisa membagi waktu tidurnya menjadi 11 jam untuk tidur malam dan 3 jam tidur siang.

Tidur siang pertama bisa dilakukan di pagi hari setelah melakukan sarapan, kemudian yang kedua dilakukan siang hari setelah makan siang. Sebagai informasi tambahan, durasi yang disarankan untuk setiap tidur siang adalah 90 menit.

Disamping itu pula, durasi tidur siang yang dibutuhkan Si Kecil tentu akan semakin berkurang seiring bertambah usianya. Anak berusia 6 tahun ke atas biasanya hanya membutuhkan waktu tidur siang sekitar 30 menit saja.

Nah, melihat begitu pentingnya tidur siang untuk tumbuh kembang Si Kecil, maka sebaiknya untuk anak usia tiga hingga lima tahun perlu dibuatkan jadwal tidur siang yang rutin. Karena tidur siang membantu anak memenuhi kebutuhan tidurnya, simak kebutuhan waktu tidur anak di artikel berikut yuk: Kenali Kebutuhan Waktu Tidur Anak Sesuai Tahapan Usia