Artikel Terbaru Artikel Terbaru

Makanan yang Mengandung Vitamin D, Ini Pilihan Terbaiknya

Morinaga Platinum ♦ 6 Desember 2023

Makanan yang Mengandung Vitamin D, Ini Pilihan Terbaiknya

Vitamin D atau dikenal juga dengan istilah kalsiferol, merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan Si Kecil untuk tumbuh kembangnya. Karena itu, Bunda perlu selalu memberikan makanan yang mengandung vitamin D kepadanya. Nah, apa saja makanan tersebut? Yuk, simak di sini.

Kebutuhan Vitamin D pada Anak

Mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, angka kecukupan vitamin D yang dianjurkan untuk anak usia 1-12 tahun yaitu 15 mcg. Bunda dapat memenuhinya dari berbagai sumber makanan yang mengandung vitamin D maupun dari paparan sinar matahari. 

Makanan yang Mengandung Vitamin D

Inilah beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin D dan dapat dikonsumsi anak-anak:

Ikan Tuna, Salmon, dan Sarden

Ketiga ikan ini memiliki kandungan kalsiferol yang cukup beragam. Contohnya, tuna kalengan dengan porsi 3 ons mengandung 6 mcg vitamin D. Sedangkan 3 ons salmon, baik salmon kalengan maupun segar, mengandung vitamin tersebut antara 10-18 mcg. Adapun ikan sarden, dengan porsi 3-4 ons mengandung antara 100-110 mcg.

Telur

Selain ikan, sumber makanan yang kaya akan nutrisi tersebut adalah telur, terutama bagian kuningnya. Kandungan vitamin D dalam sebutir telur seberat sekitar 50-60 gram ialah 1-2 mcg. Jika Bunda mencoba memberikan telur kepada Si Kecil yang masih bayi, Bunda dapat memberikan maksimal 2 butir saja per hari, karena pada usia bayi masih terdapat risiko alergi telur.

Jamur

Jika Si Kecil tidak menyukai ikan atau telur, maka jamur dapat menjadi pilihan yang tepat. Misalnya, seporsi jamur shiitake (sekitar 50 gram) dapat mengandung 2 mcg vitamin D.  Kandungannya masih lebih tinggi pada jamur portobello dan maitake, yaitu antara 14-15 mcg/50 gramnya. 

Susu

Susu sapi seperti Morinaga Chil Kid dan Morinaga Chil School telah diperkaya dengan kandungan kalsiferol yang tepat untuk pertumbuhan Si Kecil. Morinaga Chil Kid Gold, Morinaga Chil School Gold, dan Morinaga Chil School Platinum dapat memenuhi 25% angka kebutuhan vitamin D Si Kecil. Bahkan, Morinaga Chil Kid Platinum dapat memenuhi hingga 30% angka kebutuhannya. 

Apakah Ada Buah yang Mengandung Vitamin D?

Vitamin D secara alamiah memang tidak terkandung pada buah-buahan, tetapi dapat ditemukan dalam jus-jus buah yang telah diberikan tambahan vitamin tersebut. Misalnya, dalam segelas jus jeruk, dapat ditemukan sekitar 2-3 mcg kalsiferol. Bunda dapat memberikannya kepada Si Kecil, namun hanya berikan secukupnya, karena jus juga mengandung gula yang dapat menimbulkan kegemukan jika tambahan gulanya terlalu banyak.

Cara Mendapatkan Vitamin D untuk Anak

Beginilah cara memenuhi kebutuhan vitamin D pada anak:

  • Mengajak Si Kecil untuk berjemur di bawah paparan sinar matahari. Menurut Kementerian Kesehatan, sebaiknya Si Kecil beraktivitas di bawah sinar matahari sejak matahari terbit hingga jam 9.00, atau sejak jam 15.00 hingga matahari terbenam.
  • Mengonsumsi makanan, minuman, ataupun suplemen yang tinggi kalsiferol.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini, Bunda juga dapat memberikan susu dari Morinaga Platinum. Semua susu dari Morinaga Platinum tidak hanya mengandung kalsiferol, tetapi juga mengandung kalsium dan magnesium, sehingga membantu perkembangan tulang dan gigi Si Kecil. 

Ingin mengetahui kandungan dan keunggulan produknya? Baca selengkapnya di sini, yuk: Morinaga Triple Bifi, Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil

Referensi: 

  • Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia. Diakses tanggal 22 November 2023. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf   
  • WebMD. Foods High in Vitamin D. Diakses tanggal 22 November 2023.  https://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/ss/slideshow-foods-high-in-vitamin-d  
  • Medical News Today. What are the best dietary sources of vitamin D?. Diakses tanggal 23 November 2023.  https://www.medicalnewstoday.com/articles/324590