Tumbuh Kembang

Bila Si Kecil Belum Bisa Merangkak

Morinaga Platinum - 14 Sepember 2016

Merangkak merupakan salah satu tahap perkembangan bayi sebelum akhirnya mampu berjalan.  Namun, beberapa bayi justru melewati fase ini dan melampauinya ke tahap berjalan. Meski begitu, beberapa Bunda tetap menaruh khawatir pada tumbuh kembang Si Kecil. Pasalnya, merangkak kerap kali dikaitkan dengan kecerdasan sang bayi. Merangkak juga dianggap sebagai tonggak utama perkembangan bayi.

Anggapan tersebut memang tidak salah, Bun. Hal itu dikarenakan merangkak memberi beragam manfaat baik untuk Si Kecil. Mulai dari menguatkan sistem otot serta anggota tubuh, menunjang koordinasi antar tubuh, serta merangsang kepekaan inilah beberapa kegunaan yang dihasilkan dari merangkak. Karena itulah, akan lebih baik jika fase merangkak tetap dilalui oleh Si Kecil.

Lalu apa yang terjadi jika Si Kecil tak kunjung merangkak? Hal itu bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya Si Kecil terlalu malas ataupun kekurangan stimulasi. Untuk itu, Bunda perlu memberikan stimulus agar bayi mau untuk merangkak. Berikut ini ialah beberapa langkah yang dapat Bunda coba lakukan:

  1. Untuk merangkak, pastikan Si Kecil memiliki kemampuan untuk tengkurap dan terlentang dengan sendirinya. Bunda bisa melatihnya dengan menaruh bayi dalam keadaan tengkurap. Dengan begitu, bayi akan terus berlatih untuk mengangkat kepala serta tubuhnya. Simak informasi selengkapnya yuk: Manfaat Bayi Tidur Tengkurap.
  2. Letakan bayi di area yang luas, landai, empuk, serta aman. Dengan begitu bayi bisa bergerak secara leluasa.
  3. Cobalah rangsang dengan mainan kesukaannya. Taruhlah mainan pada jarak yang sedikit sulit ia jangkau, Bunda pun boleh memainkannya agar Si Kecil tertarik untuk meraih dengan sendirinya.  
  4. Berikan contoh. Ya, Bunda bisa mengajaknya untuk bermain sambil merangkak bersama, dengan begitu Si Kecil akan lebih bersemangat untuk merangkak.

Keempat langkah tersebut tentu dapat berhasil jika terus dilakukan, Bun. Namun, jika usaha tersebut belum mampu membuat bayi merangkak, Bunda sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter. Saat kondisi tersebut terjadi, biasanya Si Kecil memerlukan terapi khusus untuk merangsang daya gerak tubuhnya.

Berdasarkan tabel tumbuh kembang, bayi umumnya akan mulai belajar merangkak pada usia 7-9 bulan. Bila Bunda ingin tahu lebih lanjut tentang tahapan tumbuh kembang bayi, yuk simak di sini: Tahap Perkembangan Bayi 0-12 Bulan, Bisa Apa Saja?

Lihat Artikel Lainnya